Kubus dan Balok

Maret 5, 2010 at 4:15 pm 124 komentar

Kubus dan balok merupakan bangun ruang yang terbentuk dari susunan bangun datar.

KUBUS, merupakan bangun ruang yang terdiri dari persegi yang kongruen (sama besar).

bidang ruang

kubus

BALOK, merupakan bangun ruang yang dapat terdiri dari persegi ataupun persegi panjang. Bangun tersebut sama panjang dengan dihadapannya.

bangun ruang

balok

Rusuk

Rusuk ialah ruas garis pada kubus dan balok, terdapat 12 rusuk. Pada kubus rusuk yang dimiliki sama panjang namun pada balok rusuk yang sejajar saja yang memiliki panjang yang sama. Contoh:

Rusuk alas : AB, BC, CD, AD

Rusuk tegak : AE, BF, CG, EH

Rusuk atap : EF, FG, GH, EH

Bidang / sisi

Bidang/sisi adalah bagun datar yang memisahkan antara bagian dalam dan bagian luar. Banyaknya sisi yang dimilikinya sebanyak enam sisi.

Sisi alas : ABCD

Sisi atas : EFGH

Sisi kanan : BCGF

Sisi kiri : ADHF

Sisi depan : ABFE

Sisi belakang : CDHG

Titik sudut

Terdapat 8 titik sudut pada bangun ini. Penamaan titik sudut ini menggunakan huruf capital, titik sudut merupakan pertemuan 3 rusuk yang bertemu pada satu titik. Yaitu: A, B, C, D, E, F, G, H.

Diagonal sisi

Diagonal sisi adalah ruas garis yang terbentuk oleh sudut yang berhadapan pada satu bidang. Ada 12 diagonal sisi, hal ini didapat karena pada kubus dan balok mempunyai 6 bidang/sisi masing-masing bidang tersebut memiliki 2 sudut yang berhapan maka didapatkanlah 2 diagonal sisi, maka 2 x 6 (banyaknya sisi) = 12.

Contoh: AC, BD, AF, BE, dll.

Diagonal ruang

Diagonal ruang adalah ruas garis yang terbentuk oleh sudut yang berhadapan pada satu ruang. Terdapat 4 diagonal ruang, yaitu: AG, BH, CE, DF.

Bidang diagonal

Terdapat 6 bidang diagonal pada kubus dan balok. Bidang diagonal ini terdapat pada bagian dalam yang berbentuk persegi panjang, yaitu: ACGE, BFHD, BCHE, ADGF, dll.

RUMUS KUBUS DAN BALOK

Volume kubus:

V = s x s x s

= s³

Panjang rusuk:

P rusuk = 12 x s

= 12s

Luas kubus/luas permukaan kubus:

L = 6 x s²

= 6s²

Volume balok:

V = panjang x lebar x tinggi

= p x l x t

Panjang rusuk:

P rusuk = 4p + 4l + 4t

= 4 (p + l + t)

Luas balok/luas permukaan balok

L = 2pl + 2pt + 2lt

= 2(pl + pt + lt)

About these ads

Entry filed under: Education. Tags: , , , , , .

Present Perfect Tense Poster dan Slogan

124 Komentar Add your own

  • 1. dunia1download  |  Maret 5, 2010 pukul 4:21 pm

    nice posting..

    Balas
    • 2. sulistyaindriani  |  Maret 5, 2010 pukul 4:25 pm

      trima kasih,

      Balas
  • 3. embun777  |  Maret 6, 2010 pukul 2:11 pm

    Mestinya ya begini nih..
    sambil belajar sekalian Update blog..

    sambil berenang minum Susu gitu looh.. hee..hee.. :lol:

    Balas
    • 4. sulis  |  Maret 8, 2010 pukul 5:19 pm

      hehe iya nih lagi diusahakan…

      Balas
      • 5. Yulie Afriani  |  Oktober 21, 2012 pukul 12:00 pm

        betul betul hiihihiihihiih

  • 6. dhilla  |  April 2, 2010 pukul 8:59 pm

    aku kecewa. aku pikir diagonal ruang pd kubus itu ada 2. Nilain UAN matemtika ak dpt 9,8 deh. hehehe :D

    Balas
    • 7. anggara  |  Februari 14, 2012 pukul 8:40 pm

      baru 9,8 aku nilai uan mtk: 100,bhs.indonesia:9,8,ipa:96,bhsa.inggris:96

      Balas
      • 8. feby  |  April 12, 2012 pukul 5:00 pm

        aku kga dapet apa2 aja kga songong kaya lu berdua .. haahh cupuu !!

      • 9. dinameissya  |  Mei 4, 2014 pukul 8:18 am

        Gak ada guna nya kalau pintar tapi sombong :) Kesombonganmu bisa membuatmu jatuh sewaktu-waktu

    • 10. riska  |  Juni 6, 2012 pukul 7:12 pm

      jangan sombong deh

      Balas
  • 11. ghadis  |  April 18, 2010 pukul 6:38 pm

    gini donk ol tpi bka yg b’manfaat?he3x

    Balas
    • 12. ghadis  |  April 18, 2010 pukul 6:39 pm

      btul,,,btul,,,btul,,, :)

      Balas
      • 13. madara uciha  |  Juni 13, 2012 pukul 3:44 pm

        setuju >,<

  • 14. Arya bima wicaksana  |  April 19, 2010 pukul 8:25 am

    arya

    Balas
  • 15. hem  |  Mei 4, 2010 pukul 4:40 pm

    @dhilla : nilai lo 9,8 ?,siapa peduli?,gak penting juga sih buat hidup gue.blom dapet nilai sempurna aja udah sombong,gimana kalo dapet nilai sempurna?,gak usah pamer deh.gue ngomong gini bukannya gue sirik ya sama lo.

    Balas
  • 16. zaky  |  Mei 25, 2010 pukul 10:39 pm

    ga lengkap ni cupu yg bikin blog

    Balas
    • 17. Sisisul  |  Juni 5, 2010 pukul 10:34 am

      terima kasih….

      setidaknya ini hanya sebagai pengingat…
      walau sedikit tapi bsa bermanfaat

      .amin.

      Balas
  • 18. essi citra  |  Juni 11, 2010 pukul 8:56 pm

    makasih ya.
    atas pesan nya

    Balas
  • 19. MisteryGuest  |  Juni 13, 2010 pukul 3:34 pm

    isinya bagus :DD

    Balas
  • 20. eny  |  September 14, 2010 pukul 1:15 pm

    walaupun buka fb kita harus ingat belajar pelajaran dari google…

    Balas
  • 21. SULIS  |  Oktober 28, 2010 pukul 8:18 pm

    KUNJUNGI BLOG SAYA YANG TERBARU YA….

    http://cepat-mudah.blogspot.com

    DITUNGGU LOH !!!

    Balas
  • 22. sdiah  |  Februari 22, 2011 pukul 8:45 am

    asslmkum Mb..
    mhn bantuan ne.. sudah 2 kali siswa sy try out ttg luas permukaan bangun ruang gabungan ( kubus dan balok atw balok n balok ).. saya nyari selalu ga ada jawaban di optionnya.. mhn bantuan ya mb, barangkali saya yang salah nyarinya… tq before… wasalam.

    Balas
    • 23. sulis  |  Februari 22, 2011 pukul 2:23 pm

      wa’alaikum salam.

      ibu, mungkin ini bisa membantu,

      L balok = jumlah luas seluruh sisi atau 2(pl+pt+lt)
      L kubus = 6.s.s

      ex.
      dik. suatu bangun terdiri dari sebuah balok (s=3cm) dan sebuah kubus yang di tumpuk vertikal. dengan balok:
      p=6cm
      l=4cm
      t=7cm
      BERAPA LUASNYA?

      L kubus= 5.s.s (tanpa alas, karena alasnya nyatu dengan tutup balok)
      =5.3.3
      =45 cm2

      L balok = 2(pl+pt+lt)
      =2(24+42+28)
      =2.94
      =188 cm2 (karena pada atas balok ada kubus, maka L. BALOK harus dikurangi L. alas kubus)
      =188-(s.s)
      =188-9
      =179 cm2

      L. SELURUHNYA = 45 cm2 + 179 cm2
      =224 cm2

      2. dik. 2 balok sama ukuran ditumpuk(SISI ATAS BALOK 1 DAN SISI ALAS BALOK2 MENEMPEL) dengan ukuran p=3 l=2 t=4
      BERAPA LUASNYA?

      L 2 BALOK= 2.2(pl+pt+lt)
      =4(6+12+8)
      =4.26
      =104 cm2 (104 harus dikurang dengan 2 alas balok yaitu 2(pl)=2.6=12)
      =104-12
      =92 cm2

      Balas
  • 24. suhardi  |  Maret 9, 2011 pukul 9:59 pm

    luas sisi kubus
    volume kubus

    Balas
  • 25. ande  |  Maret 9, 2011 pukul 11:26 pm

    thanks ya ! for the information !

    Balas
  • 26. keken  |  Maret 24, 2011 pukul 1:55 pm

    thanks ea :-(

    Balas
  • 27. keken  |  Maret 24, 2011 pukul 1:56 pm

    :-)

    Balas
  • 28. ava zaujah  |  April 2, 2011 pukul 5:38 pm

    mba maaf sya mau tnya tntang rumus bidang diagonal balok. krna d sini sya cri tapi tdak ada.. mhon bntuany ya..
    thank’s before..

    Balas
    • 29. admin  |  Mei 27, 2011 pukul 9:12 am

      rumus bidang diagonal balok :

      karena bidang diagonal itu gabungan dari 2 diagonal sisi yang tegak lurus, maka bidang ini membentuk persegi panjang.
      jadi,
      cari diagonal sisi pertama dikali d. sisi k2

      Balas
  • 30. F1 & V3  |  April 20, 2011 pukul 4:45 pm

    KETEKUNAN ADALAH AWAL KEBERHASILAN :-)

    Balas
    • 31. V3 & F1  |  April 20, 2011 pukul 4:51 pm

      DAN KEBERHASILAN ITU MILIK ORANG TEKUN :-)

      Balas
  • 32. Puteri  |  April 22, 2011 pukul 4:00 pm

    kalo mencari rumus panjang diagonal ruang kubus apa yaa?

    Balas
    • 33. admin  |  April 29, 2011 pukul 7:40 am

      sisi akar 3

      Balas
    • 34. riop  |  April 16, 2012 pukul 12:34 pm

      untuk apa di cari kalo tidak tau apa man paat nya

      Balas
  • 35. Vallaghosya  |  April 25, 2011 pukul 6:36 pm

    kakak, mbak, mas, pakdhe, budhe, bapak, ibu terimakasii yah info.nya…

    Balas
  • 36. MR.SoLDierS  |  Mei 7, 2011 pukul 6:46 pm

    blognya bagus banget smpe nilai uas 90 tqx

    Balas
  • 37. Rissa  |  Mei 10, 2011 pukul 4:10 pm

    ..di UN matematika q agak bingung di soal keliling dan luas gabungan bangun datar…mohon d’jlaskan trims..:)

    Balas
  • 38. Pain  |  Mei 12, 2011 pukul 7:28 pm

    Mantapp,,l0w kaya gni,cpet gw bsa blajar nya,l0w nya di schol,ngant0k..heee

    Balas
  • 39. ning  |  Mei 19, 2011 pukul 4:38 pm

    sederhana, menarik dan bermanfaat. generasi muda yang mampu memberikan wawasan walau sederhana. saya bangga

    Balas
  • 40. ecy  |  Juni 4, 2011 pukul 9:59 pm

    susah menghafal nya butuh waktu 2 jam heheheheh

    Balas
  • 41. ganden  |  Oktober 1, 2011 pukul 12:02 pm

    aku saya mau kubus

    Balas
  • 42. Fatchur Robby  |  Oktober 1, 2011 pukul 4:12 pm

    Mantab:)

    Balas
  • 43. bautinja  |  Oktober 9, 2011 pukul 11:29 pm

    makasih udh menambah wawasan

    Balas
  • 44. pulsa elektrik paling murah  |  Oktober 25, 2011 pukul 11:08 am

    mantap deh ilmunya…bermanfaat bagi adik2 kita

    Balas
  • 45. Dik Dhiya  |  November 30, 2011 pukul 4:39 pm

    mudah ya klo mau dihafalkan benar2…
    gak ada yang susah klo gak berusaha … :D

    Balas
  • 46. ^★Tifa_Junior★^ (@Tifanika1)  |  Desember 5, 2011 pukul 5:05 pm

    mantap ni rumus (y) makasih ia,,,,,,,,,,,,,,:) :D

    Balas
  • 47. Yumi Chiharu  |  Desember 6, 2011 pukul 4:31 pm

    wih bermanfaat gan ….
    jangan lupa follow blog ane….

    http://graypiyama.blogspot.com

    thanks bngt rumusnya gan …. mudah2an ane bisa dpt nilai 100 ujian mtk ..

    Balas
  • 48. tanjung  |  Desember 9, 2011 pukul 8:41 am

    kak mau tanya kawat panjang 144 , kalau di buat kubus s= 12
    dengan panjang yg sama dibuat balok dengan p 16 l 10 t 10.

    setelah kita cari volume balok dan kubus kok beda

    Balas
  • 49. nindy rickya  |  Desember 20, 2011 pukul 8:26 pm

    ahhhhhhhhhhhhh elah kga lengkap dan kga jelas ,,,, yg nulis gembel

    Balas
    • 50. sequin  |  Januari 4, 2012 pukul 9:05 pm

      emang elu bisa apa posting begini, kerjaannya cuma maki2 aja lu! hargai dong!

      Balas
  • 51. arif  |  Januari 15, 2012 pukul 6:41 pm

    hy kamu

    Balas
  • 52. Ericko  |  Januari 31, 2012 pukul 4:19 pm

    ad yg twu manfaat kubus ?

    Balas
  • 53. azza  |  Februari 1, 2012 pukul 9:06 pm

    Dik. diagonal bidang kubus 9 akar 2 cm
    tentukan panjang rusuk!
    gmna y?

    Balas
    • 54. admin  |  Februari 15, 2012 pukul 7:31 pm

      9 x 12=108

      Balas
      • 55. mopaka  |  April 12, 2013 pukul 2:09 pm

        mau nanya nih.
        dik:sehelai karton berukuran 1m x 0,75m akn di buat kubus dengan panjang rusuk 12,5.
        dit: banyak kubus yang dapat diuat??
        tolong d jawab yaa.
        thankz.. :)

  • 56. andrew  |  Februari 7, 2012 pukul 4:07 pm

    siang,
    bantuin dong, jika kubus ABCD.EFGH mempunyai panjang rusuk 18√3 cm, jarak titik H ke bidang DEG berapa ya?

    Balas
  • 57. Andi Aryatno  |  Februari 8, 2012 pukul 1:40 am

    Susah nyari rumus panjang diagonal ruang kubus.,. :D

    Balas
  • 58. ririn  |  Februari 28, 2012 pukul 4:08 pm

    kalau kita sudah menegetahui volume suatu ruangan , tetapi panjang, lebar , dan tingginya blm ada. bagaimana cara mencarinya?
    tq

    Balas
  • 59. Auradhia Nurusyifa  |  Maret 4, 2012 pukul 7:55 pm

    nice posting :)
    membantu banget :D

    Balas
  • 60. witri mahdiyyah  |  Maret 11, 2012 pukul 7:40 pm

    jumlah rusuk kubus dan jumlah sisinya brapa sich…?
    mohon di bantu ya…. yg tau…

    Balas
  • 61. witri mahdiyyah  |  Maret 11, 2012 pukul 7:42 pm

    baless donk… mohon bantuannya….

    Balas
  • 62. witri mahdiyyah  |  Maret 11, 2012 pukul 7:49 pm

    pleace,,, blz donk.. pnting nee bwt nnti bsok tugas’a…

    Balas
  • 63. Syafira Ayu  |  Maret 13, 2012 pukul 10:01 am

    iya nih aku juga pengen nanya cara menentukan bidang diagonal balok, kan rumusnya ada 3 : p x db, l x db, t x db.. nah kalo panjang lebar sama tinggi diketahui tiga2 nya gimana? pilih rumus yg mana itu? kan otomatis kalo balok hasilnya pasti beda :( bingung nih

    Balas
  • 64. marsha  |  Maret 22, 2012 pukul 1:08 am

    _tHanks zzaw sngat mmbntuu

    Balas
  • 65. Ivan_Pradhipta  |  Maret 23, 2012 pukul 8:08 pm

    nyari panjang diagonal bidang gmna??

    Balas
  • 66. cheRryl augustine  |  April 3, 2012 pukul 6:28 pm

    Kak ..
    Mau nnya ..
    Kalo diagonal bidang pada balok, ada brpa ya??
    Thank u :D

    Balas
  • 67. wiwik  |  April 4, 2012 pukul 8:38 am

    diagonal balok ya ada 4
    makasih ya

    Balas
  • 68. Feny Amelia  |  April 8, 2012 pukul 6:46 pm

    Saya mau nanya soal nih, agak bingung
    Perbandingan panjang, lebar, tinggi sebuah balok berturut turut adalah 4 : 3 :2. Hitunglah ukuran balok, jika luas permukaannya 468 cm persegi
    Tolong bantu yaa, makasih:)

    Balas
  • 69. desy  |  April 15, 2012 pukul 7:53 pm

    mb.kalau mencari panjang rusuk limas rumusnya gimana?

    Balas
  • 70. riop  |  April 16, 2012 pukul 12:32 pm

    balok dn kubus di jamin enak di pelajari kerena matematika gampang/

    Balas
  • 71. rifqa  |  April 16, 2012 pukul 12:41 pm

    saya mau tanya tentang balok ban kubus apaka menurut kaliam gampang mempelajari balok dan kubus ? kalo aku si tau karena aku tetap mempelajari mayematika ………………

    Balas
  • 72. suri  |  April 17, 2012 pukul 11:25 am

    thanks yach

    Balas
  • 73. muhamad abid  |  April 20, 2012 pukul 12:31 pm

    1.diketahui panjang salah satu diagonal ruang sebuah kubus kubus adalah akar 48,maka volume kubusnya berapa?

    Balas
  • 74. Anis  |  April 21, 2012 pukul 12:23 pm

    tlong…sertakan contoh soalnya…?

    Balas
  • 75. annisa  |  April 25, 2012 pukul 9:00 am

    mau tanya boleh yaa
    kalau mencari lebar balok gimana yaa ?

    Balas
  • 76. WAz  |  April 25, 2012 pukul 8:57 pm

    NICE POSTINGG

    Balas
  • 77. khoirunnisa'ntwcahbndunkk  |  Mei 4, 2012 pukul 9:15 am

    good deccchhh.,.

    Balas
  • 78. Rahma Tiara  |  Mei 10, 2012 pukul 2:43 pm

    Mau nanya nhi, ada yang tau gak rumus Panjang Diagonal Sisi kubus, yang tau bales yaa, udah dicari berapa kali di internet buku gak ketemu,,, :(

    Balas
  • 79. Rahma Tiara  |  Mei 12, 2012 pukul 12:41 pm

    Nhe ada gak rumus panjang diagonal sisi kubus, sama jalannya gimana? ni gua tanya yg tau baless please :)

    Balas
    • 80. admin  |  Mei 12, 2012 pukul 3:13 pm

      p diagonal sisi kubus= sisi akar2

      cara nya: diagonal sisi kuadrat=sisi kubus kuadrat+sisi kubus kuadrat
      => diagonal sisi = akar dari (sisi kubus kudrat+sisi kubus kuadrat)

      Balas
  • 81. CookNkill  |  Mei 14, 2012 pukul 5:32 pm

    Kok ga ada contoh soalnya sih? tp bagus sih buat tugas :D

    Balas
  • 82. rafanurul  |  Mei 27, 2012 pukul 9:07 am

    hebat juga ya.tapi yang lebih seru dong!

    Balas
  • 83. ningrum  |  Mei 27, 2012 pukul 3:03 pm

    kak q masih blum tw gmn cara nyari keliling bangun ruang kubus jika d ketahui panjang rusuknya 6,5 cm

    Balas
  • 84. syifa  |  Juni 5, 2012 pukul 10:17 pm

    makasih ya ilmunya,aku jadi bisa ngerjain soal-soal

    Balas
  • 85. riska  |  Juni 6, 2012 pukul 7:11 pm

    insyaallah aku bisa mngerjakan soal2 nanti
    amin ya allah :D

    Balas
  • 86. sesama muslim  |  Juni 14, 2012 pukul 7:49 pm

    kaaaa kalo diket: panjang diagonal ruang kubus akar48 .. volum kubusnya gimana ka rumusnya?

    Balas
    • 87. admin  |  Juni 16, 2012 pukul 9:34 am

      maka panjang sisinya: p diagonal ruang/akar 3= akar48/akar3= akar16=4
      maka volume kubus=sisi x sisi x sisi=4x4x4=64

      Balas
  • 88. hariyati  |  Agustus 18, 2012 pukul 12:23 pm

    tolong bantuannya yya
    jika sebuah kubus ABCD EFGH, mempunyai rusuk 8 cm, hitunglah =
    a. panjang diagonal AG
    b. besar sudut antara AG dan bidang ABCD
    c. besarnya sudut antara AG dan rusuk HG.

    tolong di jawab yya….

    Balas
  • 89. mamai  |  September 8, 2012 pukul 1:46 pm

    hohon bantuannya ya:
    jika sebuah kubus dgn panjang rusuk 42 cm. berapakah volume kardus?

    Balas
  • 90. Hadisuhendro_ganteng@yahoo.com  |  September 11, 2012 pukul 4:26 pm

    Bagus

    Balas
  • 91. Ditta Oktaviana  |  September 18, 2012 pukul 4:52 pm

    tolong bantu saya untuk menemukan luas permukaan dari kubus
    luas permukaanx itu 0,3456m2????

    Balas
  • 92. aaiky  |  Oktober 1, 2012 pukul 8:03 pm

    menurut adik saya volume kubus adalah rxrxr dimana r adalah rusuk apakah rusuk sama dengan sisi?

    maaf kalo saya salah

    agung
    kelas 6 sd

    Balas
    • 93. Daesung  |  November 26, 2012 pukul 5:43 am

      Bisa sama

      Balas
    • 94. Titia  |  Agustus 22, 2014 pukul 9:26 pm

      Weeeee, what a quick and easy sootliun.

      Balas
  • 95. Budi  |  Oktober 7, 2012 pukul 10:25 am

    Tanya….leh tho….. Luas persegi panjang 338 cm persegi, trus perbandingan panjang ama lebar 2 : 1…trus nyarinya panjang ama lebar gmn yaa…trim…

    Balas
  • 96. juri  |  Oktober 13, 2012 pukul 6:02 pm

    hewan apa yg punya belalai gajah…….???

    Balas
  • 97. salmanurliza putri  |  Desember 24, 2012 pukul 11:53 pm

    nyamuk

    thank’s ea.

    Balas
  • 98. amandachayani  |  Januari 21, 2013 pukul 6:49 pm

    i got a boy machine i got a boy machine i got a boy…

    Balas
  • 99. mila  |  Februari 17, 2013 pukul 9:39 pm

    q sangat terbantu dngan adanya rumus ne

    Balas
  • 100. dhani.........^ _ ^  |  Maret 9, 2013 pukul 10:48 pm

    kalau kita merasa kurang pandai di matematika buka ja cara2 belajar matematika dari internet…!!! tapi ingat jangan buka hal2 yg nggak-nggak ok friend…..!!!!!!!!!

    Balas
  • 101. dhani.........^ _ ^  |  Maret 9, 2013 pukul 10:57 pm

    guys da tidur blom. q mw nanya klen tau rumus luas,& volume balok,limas,dan kubus………………………

    Balas
  • 102. dhani.........^ _ ^  |  Maret 12, 2013 pukul 4:46 pm

    nga sega be

    Balas
  • 103. asa  |  Maret 20, 2013 pukul 8:21 pm

    makasih sangat berguna pelejaran2 seperti ini

    Balas
  • 104. Nadya Agustin  |  Maret 21, 2013 pukul 4:16 pm

    kll alas kubus adalah 36cm.volume kubus adalah.gmana rumusnya ?

    Balas
  • 105. may  |  April 2, 2013 pukul 12:20 pm

    terima kasih info nya…smart posting

    Balas
  • 106. Maulana  |  April 4, 2013 pukul 10:22 am

    Thanks ya …..

    Balas
  • 107. putrina suharno  |  April 12, 2013 pukul 6:10 pm

    Thanks,bermanfaat .

    Balas
  • 108. Rizki Ade Maulana  |  April 25, 2013 pukul 5:47 pm

    Maaf mbak, sy Siswa SMP kelas 8, saya kok cari tentang ukuran balok ngga ada sih? Mungkin pembaca2 tahu..
    Ini soalnya, Perbandingan panjang, lebar dan tinggi sebuah balok adalah 5:4:3. jika volume balok 1.620cm^3, ukuran baloknya berapa? Mohon bantu yaa.. Makasiih..

    Balas
    • 109. ghofur  |  Mei 7, 2013 pukul 4:53 am

      sedikit saya jawab dek…

      diketahui perbandingan P : l : t = 5 : 4 : 3
      V = 1620.

      jika dianalogikan ada variabel x yang mempengaruhi perbandingan ukuran balok tersebut maka
      V= p . l. t
      1620 = 5x . 4x . 3x
      1620 = 60 x^3
      x^3 = 27
      x = 3

      sehingga ukuran-ukuran balok tersebut

      p = 5x = 5 . 3 = 15
      l = 4x= 4 . 3 = 12
      t = 3x = 3 . 3 = 9.

      semoga bermanfaat..

      Balas
  • 110. dika  |  April 29, 2013 pukul 8:55 pm

    ah g ngerti gw

    Balas
  • 111. dika  |  April 29, 2013 pukul 9:06 pm

    kontol

    Balas
  • 112. dika  |  April 29, 2013 pukul 9:09 pm

    kocokin kontol gw dong ampe keluar peju

    Balas
  • 113. dika  |  April 29, 2013 pukul 9:10 pm

    kocokin titit gw dong ampe keluar peju

    Balas
  • 114. alfons  |  Mei 2, 2013 pukul 6:54 pm

    not helped my homework..!

    Balas
  • 115. andi para majeng  |  Mei 3, 2013 pukul 7:45 pm

    knapa klau mengajar ka selalu di saki ti

    Balas
  • 116. Ilham Saputra  |  Mei 16, 2013 pukul 7:48 pm

    info yg sngat bermanfaat…

    Balas
  • 117. Ade  |  Juni 9, 2013 pukul 9:35 pm

    kaLo nyari pajang diagonal sisi kubus, jika V=27cm3 . Gi mna ?

    Balas
  • 118. tytha  |  Agustus 25, 2013 pukul 5:26 am

    Bak Mandi brbentuk balok dgn p=120m t=80cm dan volume=864liter tentukan lebar’x .?
    cara pnyelesaian’x gmna kak’

    Balas
  • 119. tytha  |  Agustus 25, 2013 pukul 5:30 am

    cara mencari lebar balok Gimna jika p=120,t=80cm dan volume=864liter

    Balas
  • 120. luthfia dwi putri  |  Maret 12, 2014 pukul 6:25 pm

    Klo hitung luas seluruh permukaan kubus??

    Balas
  • 121. mega saputri  |  Maret 23, 2014 pukul 10:37 pm

    kalo mencari perbandingan dua kubus

    Balas
  • 122. Marlina  |  Maret 28, 2014 pukul 7:24 pm

    Membantu sekali

    Balas
    • 123. atohelmi@ymail.com  |  April 14, 2014 pukul 9:34 pm

      salah satu diagonal ruang dari kubus CDEF.GHIJ adalah….

      Balas
  • 124. M Fahmi F  |  Mei 9, 2014 pukul 12:12 am

    nice

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Who am i?

Archives

Visitor

  • 886,298 visitors
Maret 2010
M S S R K J S
« Feb   Jul »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: