Apakah Herpes dapat Menyebabkan Kanker Otak?

Juni 2, 2009 at 9:59 pm 4 komentar

Kanker otak yang paling mematikan dan yang paling banyak ditemui, memiliki perantara yang aneh: cytomegalovirus, satu jenis herpes yang ada pada hampir 80 persen dari penduduk Amerika. Kini para ilmuwan mencoba menelusuri semua ini demi menyembuhkan kanker ini dengan vaksin yang menyerang virus dan memperlambat pertumbuhan tumor.

Pada 2002, ilmuwan memperlihatkan bahwa cytomegalovirus, atau CMV, aktif di tumorotak tapi tidak mengelilingi jaringan yang sehat dari semua 27 pasien yang mereka uji yang memiliki glioblastoma multiforme. CMV adalah parasit dan tidak dapat dideteksi pada beberapa orang. Ahli otak, Duane Mitchell dari pusat kesehatan universitas Duke dan rekannya, menjelaskan pada tahun 2007, CMV aktif kurang lebih 90 persen pada tumor glioblastoma.

Kini tim Mitchell berusaha mengembangkan eksperimen vaksin yang memicu sistem imunitas untuk menyerang CMV. Seperti yang dilaporkan oleh pertemuan American Society of Clinical Oncology bulan Juni 2008, vaksin tersebut, bersama dengan radiasi dan kemoterapi, mencegah tumor otak untuk tumbuh kembali setelah operasi untuk 12 bulan bila dibandingkan dengan rata-rata 6 hingga 7 bulan tanpa vaksin. Rata-rata umur pasien juga bertambah dari 14 bulan hingga lebih dari 20 bulan.

Lalu apakah virus herpes menyebabkan kanker? Jawabannya masih belum jelas: sel tumor mungkin secara sederhana menjadi lahan subur bagi pertumbuhan virus, dikarenakan sel semacam itu selalu memiliki fungsi imunitas yang berkurang, seperti misalnya untuk menekan reprodukasi CMV.

Tapi, peneliti dari Universitas Wisconsin-Madison melaporkan pada bulan Mei virus tersebut memiliki kemampuan untuk mengambil alih mekanisme penghentian sel dan menghasilkan reproduksi yang tidak terkontrol. Meski begitu, jumlah ini sepertinya sedikit menyenangkan: empat dari lima orang amerika memiliki CMV, tapi hanya satu dari 30.000 orang yang akhirnya memiliki glioblastoma. Dan sejumlah kecil pasien glioblastoma tidak memiliki CMV pada tumornya. “Banyak bukti tidak mendukung CMV menjadi virus penyebab kanker,” kata Mitchell. Don Diamond, virologis dari City of Hope Cancer Center dekat Los Angeles, setuju: hasil penelitiannya mengenai CMV dan kanker meyakinkan dia bahwa virus tersebut tidak menyebabkan tumor. Tapi bagi pasien, tidak masalah bagaimanapun hubungan antara herpes dan kanker otak menjadi penyebab atau tidak – setidaknya vaksinnya menunjukkan hasil yang baik. Mitchell berharap vaksin tersebut akan siap di pasaran pada beberapa tahun kedepan.

 

Sumber : http://www.kucingfisika.com

Entry filed under: Healthy. Tags: .

Daur Ulang Kertas Cahaya Dan Pengelihatan

4 Komentar Add your own

  • 1. Blogger Senayan  |  Juni 7, 2009 pukul 9:16 am

    herpess, kankor OT wowowowo tatuuuut
    mbak sudah aku link di page/tukar link
    thanks ya

    Balas
    • 2. sulistyaindriani  |  Juni 7, 2009 pukul 10:42 am

      memang menakutkan !!!!

      makasih yaa,
      link anda dah saya pasang di blog saya…

      Balas
  • 3. Abdul Cholik  |  Juni 9, 2009 pukul 8:24 pm

    -Jika tulisan ttg herpes ini bisa diulas mulai dari :faktor penyebab,akibat,cara mengobati,dll pasti akan lebih sip.
    -salam

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Who am i?

Archives

Visitor

  • 1,380,799 visitors
Juni 2009
M S S R K J S
« Mei   Jul »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

%d blogger menyukai ini: