Lebih Aman Dengan Windows Vista

Juni 14, 2009 at 10:14 am 10 komentar

Bersumber dari Majalah Info Komputer edisi 7/2006 yang pernah saya baca. Sebagai konsekuensi atas popularitas dan kemudahan pakai yang selama ini dienyam oleh para pengguna, Windows menjadi sasaran empuk bagi para hacker yang “memanfaatkan” celah keamanan di Windows.

 

P

ara hecker umumnya menyerang Windows melalui berbagai macam malware (malicious software). Dampak dari malware sangat beragam, mulai dari kerap keluarnya tampilan iklan yang tidak kita inginkan saat membuka suatu situs Web, masalah yang bisa mengganggu kinerja komputer kita, sampai potensi lain yang merusak dokumen-dokumen yang tersimpan di dalam computer kita.

Windows Vista berusaha untuk mengurangi dampak dari malware dengan sejumlah feature sekuriti yang lebih lengkap dan mudah dipakai. Sebagai penerapan sistem perlindungan berlapis di Windows Vista, sejumlah feature baru disediakan untuk mencegah malware menjangkiti komputer, mengurangi dampak buruk dari malware yang berhasil menjangkiti komputer, dan membuang malware yang telah terinstall di computer. Feature ini diharapkan juga bisa memberikan rasa aman yang lebih baik bagi para penggunanya.

Feature anti-malware di Windows Vista antara lain adalah:

  • Windows Firewall
  • Windows Update
  • User Acount Control
    • Internet Explorer 7  Protected Mode
    • Windows Defender

Yang lama semakin sempurna

Tidak semua feature tersebut merupakan hal baru di Windows Vista. Windows Firewall dan Windows Update sudah kita kenal sejak Windows XP SP2. Tentu saja ada penyempurnaan dikeduanya, seperti kemampuan Windows Firewall di Windows Vista untuk mengamankan komunikasi dari komputer kita ke dunia luar (outbound).

Selain itu, kita bisa mengatur feature Windows Update di Windows Vista agar secara otomatis menginstall update dengan klasivikasi High Priority dan Recommended. Saat update perlu dilakukan terhadap file yang sedang digunakan, Windows Vista bisa menyimpan data aplikasi yang sedang kita buka, menutup aplikasi, menginstall update, dan memanggil ulang aplikasi tersebut.

Yang Baru Membutuhkan Penyesuaian

Yang benar-benar unik dari Windows Vista adalah User Account Control. Feature ini bisa membantu mecegah berlangsungnya aktivitas ilegal di komputer tanpa sepengetahuan sang pengguna.

Umumnya, kita terbiasa untuk menjalankan komputer Windows mengunakan account dengan hak akses sebagai administrator. Tanpa sepengetahuan kita, malware dapat dengan mudah menjangkiti komputer karena hak akses pengguna saat menggunakan komputer adalah sebagai administrator (yang artinya memiliki akses tidak terbatas pada komputer kita).

Dengan menggunakan UAC, setiap proses akan berjalan dengan hak akses sebagai standard user (walaupun user yang sedang login di komputer tersebut memiliki hak sebagai administrator). Agar proses yang membutuhkan hak akses sebagai adiministrator bisa berjalan, penggunaan akan dimintai persetujuan (consent), apakah ingin melanjutkan proses yang meminta hak akses atau tidak. Secara default, permintaan persetujuan ini akan muncul saat kita menjalankan komputer menggunakan account dengan hak sebagai administrator. Apabila kita menggunakan standard user, UAC akan meminta password dari account administrator yang ada di komputer kita.

Untuk para adiministrator yang paranoid, bisa saja dilakukan pengaturan agar UAC juga meminta password saat suatu proses membutuhkan hak akses adiministrator (walaupun kita sudah login dengan hak akses administrator). Artinya, kita bisa merasa cukup aman meninggalkan komputer meskipun sedang login mengunakan account adiministrator. Hal ini karena kita tahu bahwa siapa pun yang mencoba “menjahili “komputer kita akan ditantang untuk memasukan password sang adiministrator.

Kelemahan dari UAC adalah di sisi usability dan kenyamanan pengguna. Ujung–ujungnya, ini bisa mengurangi efektivitas UAC sebagai salah satu perangkat pengamanan di Windows Vista.          

Kita bisa mengenali komponen-komponen di Windows Vista yang membutuhkan elevasi hak akses melalui UAC dari icon Windows Shield. Hal ini akan kita jumpai di setiap titik interasi yang memungkinkan kita melakukan perubahan yang bisa mempengaruhi kerja Windows Vista.

Bisa dibayangkan betapa menjemukannya apabila kita terus-terusan dihadapkan kepada layar permintaan persetujuan (terlebih lagi meminta password administrator). Hal ini khususnya berlangsung saat kita login menggunakan account dengan hak sebagai administrator, sekaligus ingin melakukan perubahan sistem saat pertama kali menggunakan Windows Vista. Kemudian, kita akan sekali-kali berhadapan dengan UAC saat ingin menginstall aplikasi (atau melakukan perubahan-perubahan yang dilindungi ole UAC).

Idealnya, kita tentunya tidak akan sering berhadapan dengan feature ini. Dengan demikian, kita bisa berharap bahwa UAC bisa menjadi semacam sistem peringatan dini apabila terjadi sesuatu yang mencurigakan di komputer kita.

Internet Explorer yang Diperbarui

Internet Explorer 7 di Windows Vista baru-baru ini diberi nama baru, Internet Explorer 7 +. Nama ini untuk menandakan bahwa Internet Explorer 7 yang bisa kita install di Windows XP SP2, dan yang hadir di Windows Vista memiliki perbedaan.

Khusus disisi sekuriti, hanya internet explorer 7 + yang memiliki feature yang disebut Internet Explorer 7 Protected Mode. Feature ini dianggap seperti sistem UAC yang berjalan di dalam Internet Explorer 7 +. Proses-proses yang berjalan di dalam Internet Explorer 7 + akan berjalan dengan hak akses seminimal mungkin, dan membutuhkan persetujuan dari pengguna apabila perlu menaikkan hak aksesnya.

Untuk memberikan rasa aman saat orangtua memberikan anak-anaknya berselancar di dunia mayanya, Windows Vista menambahkan feature Parental Controls yang salah satu kemampuannya adalah untuk mengatur situs Web mana saja yang bisa dikunjungi oleh sang anak. Feature Web filter ini bekerja transparan, dan tidak terbatas untuk Internet Explorer 7 +.

Feature lain yang ditunjukan untuk meningkatkan rasa aman (saat berselancar di dunia maya) adalah phising filter. Feature ini akan memberikan peringatan kepada kita saat mengunjungi suatu situs Web yang dicurigai sebagai phising site. Selain itu, Internet Explorer 7 menampilkan peringatan visual yang lebih jelas saat kita mengunjungi alamat Web bersetifikat SSL mencurigakan. Dengan demikian, kita bisa lebih berhati-hati saat memberikan informasi pribadi kita di situs tersebut.

Cegah Tangkal Malware dengan Windows Defender

Windows Defender adalah feature Windows Vista yang membantu melindungi komputer dari berbagai gangguan yang disebabkan oleh spyware (dulu dikenal sebagai Microsoft AntiSpyware).

Windows Defender memberikan perlindungan alwayson, untuk memantau secara terus menerus kemungkinan kehadiran spyware via perubahan di lokasi-lokasi utama system. Database spyware (spyware definition) dapat kita update secara otomatis dan berkala melalui Windows Update (untuk memberikan pengamanan yang up-to-date).

Windows Defender juga terintegrasi dengan internet explorer, jadi setiap file yang kita download akan discan sebelum disimpan di dalam komputer (dan akhirnya dieksekusi nantinya). Alhasil, kemungkinan sebuah spyware terinstall di komputer kita secara tidak sengaja menjadi lebih kecil. Di sisi kinerja, Windows Defender memanfaatkan aneka feature Windows Vista seperti low-priority I/O. feature ini memungkinkan Windows Defender melakukan scanning di latar belakang tanpa mengganggu aplikasi yang berjalan di latar depan (foreground).

Perlu Kesadaran Pengguna

Anda sudah menggunakan Windows Vista, tetapi tidak pernah melakukan Windows Update, mematikan Windows Firewall, mengabaikan pesan yang disampaikan UAC, menonaktifkan Windows Defender, dan melakukan berbagai kelalaian lainnya. Jika seperti ini, tentu saja komputer kita tidak akan lebih aman dibandingkan menggunakan system operasi lain.

Kesadaran kita sebagai pengguna adalah kunci penentu apakah komputer kita akan menjadi lebih aman terhadap serangan-serangan (dari berbagai macam malware), atau tidak. Melalui Windows Security Center, Windows Vista mencoba untuk memperingatkan pengguna apabila  komputer mereka sudah lama tidak mendownload update terbaru, dan apabila feature seperti Windows Firewall dan Windows Defender tidak aktif.

Dari satu tempat itu juga kita bisa melihat apakah feature UAC diaktifkan, atau tidak. Selanjutnya, kesadaran kita sebagai penggunalah yang harus diandalkan.

Sumber : Info Komputer edisi 7/2006

Entry filed under: Computer. Tags: .

Cermin Abu Batubara Lebih Radioaktif dari Sampah Nuklir

10 Komentar Add your own

  • 1. Sulistya Indriani  |  Juni 17, 2009 pukul 8:45 pm

    dddooohh,
    smoga aja software operasi sistem aku, diganti jadi windows vista…
    kabulkanlah ya allah.

    .amien.
    hhe^^

    Balas
  • 2. WANDI thok  |  Juni 18, 2009 pukul 4:04 am

    Sabar ya Lis, pasti suatu saat XPmu akan berganti Vista kok. Perbanyak do’a ya

    Balas
  • 4. New Bie Oon  |  Juni 19, 2009 pukul 12:48 am

    denger-denger vista itu produk gagal, bener ga sih?? katanya lagi, pengganti Win vista kalo gag salah windows seven??

    Balas
  • 5. Sulistya Indriani  |  Juni 19, 2009 pukul 12:29 pm

    Huaa mang iya?
    Windows Vista kan perubahan total dari Windows XP..

    Apalagy d dkng GUI .. User friendly,
    Kt aku seh menang d tampilan.a..
    Windows Seven teh?

    Hmmhg, cari agh ..
    Hhe^^

    Balas
  • 6. rommay wijayanto  |  Juni 20, 2009 pukul 4:32 pm

    iya betul sekali itu tapi spec PC yang aku punya kurang tinggi jadi lelet alias kembut-kembut tapi keren banget. tu vista

    Kemarin2 dpt informasi klo windows 7 lebih keren lg jadi pengen coba? Tapi nunggu pesenan laptop baru datang saja hehehe ^_^

    Balas
    • 7. Sulistya Indriani  |  Juni 20, 2009 pukul 4:43 pm

      yoy, windows 7 kan dipasarkan tahun 2009 ini.
      laptop baru, mau dong

      Balas
  • 8. Risa Indriani  |  Juni 28, 2009 pukul 11:30 am

    Heyy suliz,, artikelnya bgus tuh..
    Dikembangin lagi ya, biar tambah bgus..!

    Balas
  • 9. Risa Indriani  |  Juni 28, 2009 pukul 11:22 pm

    Heii suliz, artikelnya bgus2 loh.. Dikembangkan lagi biar tambah bgus.. Ok..!! ^_^

    Balas
  • 10. munyukmentel  |  Juni 29, 2009 pukul 12:18 pm

    Infonya bagus….😀

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Who am i?

Archives

Visitor

  • 1,380,799 visitors
Juni 2009
M S S R K J S
« Mei   Jul »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

%d blogger menyukai ini: